Blog

Memasang CCTV Dirumah, Perhatikan 5 Hal Penting berikut

memasang cctv

Tips tambahan dalam memasang CCTV di rumah anda. Memasang kamera CCTV di rumah Anda ternyata memiliki banyak keuntungan karena selain dapat memudahkan Anda dalam mengawasi rumah, juga dapat memiliki keuntungan lainnya yang akan kami bahas di penghujung artikel.

Anda tidak perlu repot menyewa atau membayar teknisi CCTV untuk menjaga hunian Anda karena kamera CCTV pun bahkan bisa mengawasi selama 24 jam nonstop. Namun kemudahan-kemudahan yang didapat dari kamera CCTV itu akan terwujud apabila Anda mengenali dan memahami sistem kerja kamera CCTV, beserta perangkat pendukung dan fitur di dalamnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan memasang kamera CCTV, ada baiknya Anda menyimak artikel berikut ini : Keunggulan CCTV camouflage sebagai kamera tersembunyi dengan teknologi canggih.

Memasang CCTV Di rumah Kenali 5 Hal Penting Berikut

1. Tersedia kamera khusus untuk di dalam dan Luar ruangan dalam memasang CCTV

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang CCTV dirumah, Anda harus sudah tahu akan ada dimanakah CCTV itu berada. Jika Anda ingin mengawasi area di dalam ruangan atau di luar ruangan, ada masing-masing jenis kamera CCTV yang memang dikhususkan untuk ruangan yang berbeda.

Tersedia dua kategori kamera CCTV secara umum dipasaran, diantaranya jenis Indoor dan Outdoor.

# CCTV Indoor

CCTV indor didesain untuk digunakan didalam ruangan, kamera indoor tidak bisa digunakan di luar ruangan karena bahan casing luar dari kamera CCTV memiliki bahan pelindung yang tidak dapat menahan cuaca dari luar ruangan.

# CCTV Outdoor

Begitu pula dengan kamera CCTV yang dikhususkan untuk diletakkan di luar ruangan, CCTV Outdoor. Kamera ini tentu sudah dilengkapi dengan casing pelindung yang lebih tangguh untuk menghadapi medan cuaca di luar ruangan.

Jika Anda hanya ingin memantau ruangan di dalam rumah, Anda bisa pilih CCTV tipe dome  atau bullet. Akan tetapi, jika Anda ingin memantau zona luar, seperti taman atau halaman, lebih baik Anda memilih CCTV yang memang di-setting  untuk zona outdoor  dan memiliki fitur infra red.

2. Perhatikan dimanakah letak titik pemasangan kamera CCTV

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah letak titik pemasangan kamera CCTV. Titik pemasangan ini akan mempengaruhi jenis kamera CCTV manakah yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda. Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh).

Bisa juga untuk keadaan gelap atau terang. Setelah itu, Anda dapat menentukan titik pemasangan kamera CCTV sesuai dengan keinginan. Sebuah kamera CCTV standar hanya mampu melihat sudut maks 70 derajat. Maka untuk melihat area yg lebih luas Anda dapat menghitung berapa banyak kamera yg dibutuhkan.

3. Berapakah jumlah kamera/channel yang ingin anda Pasang ?

Jika Anda belum pernah memasang kamera CCTV sebelumnya, mungkin Anda mengira satu kamera CCTV dapat mengawasi seluruh ruangan. Faktanya, setiap kamera CCTV ini memiliki jarak jangkauan masing-masing, yang mana jika jarak jangkauan tersebut melebihi kapasitas, maka Anda memerlukan kamera CCTV tambahan.

Anda bisa memiliki banyak kamera CCTV yang biasa disebut channel, tapi hanya memerlukan satu perangkat tambahan yaitu DVR. Apa itu DVR ? DVR adalah alat perekam sekaligus penyimpanan hasil rekaman atau tangkapan dari kamera CCTV. Bagian-bagian DVR terdiri dari hard disk, USB flash drive.

DVR menyediakan variasi untuk 4 6 8 16 hingga 32 channel kamera atau jumlah kamera.

4. Perhatikan letak penempatan DVR sebelum memasang CCTV

Hal selanjutnya untuk diperhatikan adalah DVR. Sebagai perangkat pendukung kamera CCTV yang teramat penting, tentu Anda perlu memikirkan dimanakah Anda akan meletakkan DVR ini, supaya tidak gampang terjangkau orang asing.

Bila di rumah, umumnya DVR ditempatkan di ruang tidur Anda sebagai pemilik. Bila pada kantor umumnya ditempatkan di ruang direksi atau personalia.

Baca juga artikel kami : Tips agar hardisk CCTV tidak cepat penuh

DVR ini harus disimpan pada tempat yang terdapat sirkulasi udara, jangan disimpan pada lemari tertutup yang tidak ada aliran udara serta jauhkan dari orang yang tidak bertanggung jawab, karena DVR menyimpan hasil rekaman kamera CCTV Anda.

5. Kenali perbedaan antara kamera CCTV analog dan IP kamera

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah adanya perbedaan jenis kamera pengawas, yaitu kamera CCTV analog dan juga IP kamera. Anda perlu memperhatikan jenis kamera pengawas manakah yang paling sesuai untuk Anda pasang di rumah. CCTV analog adalah kamera konvensional yang dipasang untuk  tujuan keamanan.

Kamera CCTV ini memerlukan bantuan perangkat lainnya untuk dapat bekerja maksimal. Kamera ini menggunakan alat perekaman berupa DVR (Digital Video Recorder) untuk mengolah hasil rekaman kamera CCTV untuk kemudian disimpan dalam bentuk file digital.

Sementara IP kamera yaitu penyempurnaan dari CCTV analog, dimana resolusi gambar dan fitur yang ditawarkan lebih luas. IP Camera membuat format video yang memudahkan dalam pengolahan data, dimana fitur kamera bisa diatur melalui software.

Fitur- fitur tersebut dapat berupa digital zoom, face recognition, motion detection, sampai built-in microphone dan speaker yang memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan lokasi dimana kamera berada. IP kamera ini juga berdiri sendiri, bahkan juga terhubung dengan internet.

Solusi Terakhir, Gunakan Layanan Jasa Untuk Memasang CCTV

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk memasang kamera CCTV di rumah Anda. Apabila sampai pada tahap ke lima di atas anda belum memiliki solusi atau memerlukan diskusi, silahkan gunakan layanan jasa CCTV agar Anda mendapatkan arahan dan solusi terbaik mengatasi hal ini.

Apabila berdomisili di purwakarta gunakan layanan jasa pasang CCTV purwakarta yang terpercaya di kota anda, yang dapat memenuhi semua unsur kebutuhan keamanan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *