Blog

Sejarah Kecamatan Rengasdengklok Karawang

sejarah rengasdengklok karawang

Sejarah Rengasdengklok. Daerah ini merupakan sebuah wilayah kecamatan di kabupaten karawang jawa barat Indonesia. Pusat pemerintah di kecamatan rengasdengklok percis terletak di kelurahan atau desa rengasdengklok selatan dimana menempati gedung berfasilitas baru disamping monumen atau gedung kebulatan tekad.

Baru-baru ini wilayah tersebut dihadapkan berupa permasalahan sampah yang takunjung selesai dan sering menumpuk dipusat pemerintahan kota. Selain permasalah sampah yang menumpuk, masalah lainnya yang menjamur saat ini yaitu menjamurnya pedagang asongan atau pedagang kaki lima yang membuat wilayah ini macet.

Pengaruhnya kemacetan yang terjadi dipagi hari atas dampak pedagang asongan di wilayah ini selalu menghiasi pemandangan kecamatan rengasdengklok karawang.

Persmasalahan para pedagang kalilima dipengaruhi mengingat kondisi pasar di wilayah rengasdengklok yang tak terawat. Mereka lebih memilih meninggalkan lokasi didalam pasar dan singgah ke pinggir jalan. Pengelola pasar seolah-olah tidak melakukan upaya penertiban pasar.

Rengasdengklok Karawang

Sejarah

Sejarah Kecamatan rengasdengklok. Wilayah rengasdengkok sempat menjadi tempat penculikan Presider RI pertama Yaitu Soekarno beserta mohammad hatta dimana beliau diamankan di daerah rengasdengklok oleh para golongan muda chairul shaleh yang mengharapkan agar supaya proklamasi dilakukan selekasnya tanpa mekanisme atau melalui PPKI yang dianggap sebagai badan yang dikelola jepang.

rumah tempat soekarno hatta di rengasdengklok
image source : wikipedia

Kecamatan rengas dengklok dahulunya adalah kecamatan rengasdengklok raya berbarengan dengan kecamatan jayakerta, keamatan kuta waluya dan separuhnya adalah kecamatan tirtajaya

Penduduk

Wilayah ini dapat disebut sebagai salah satu kecamatan dengan penduduk diatas 100.000 jiwa serta tingkat kepadatan diatas 1000jiwa/km2 di kabupaten karawang (Data SP karawang tahun 2011) total kepadatan penduduknya adalah 3.434,65 jiwa/km2

Perekonomian

Filosofi masyarakat untuk bertahan hidup diwilayah kecamatan ini lebih kepada sebagai pekerja swasta atau sebagai pedagang tradisional di pasar, untuk itu pantas saja masyarakat di kawasan utara karawang berbelanja di pasar dan toko-toko di rengasdengklok karawang. Mengingat segala kebutuhan disana sangat lengkap.

Kesehatan

Terdapat banyak pasien baik itu dari wilayah kecamatan lain di kawasan utara kabupaten karawang ataupun dari kecamatan yang ada di kab bekasi layaknya kecamatan pebayuran dan kec cabangbungin yang dirujuk ke Rumah sakit proklamasi rengasdengklok.

Rumah sakit proklamasi rengas dengklok adalah satu-satunya rumah sakit di kawasan utara kota karawang yang apabila puskesmas ditempat asal pasien tidak memadai dari persediaan alat, SDM atau perawat.

Pemekaran

Penduduk atau masyarakat karawang utara khususnya rengasdengklok berharap berpisah dari kabupaten karawang, lalu membentuk kabupaten karawang utara dimana merupakan terdiri dari 9 kecamatan diantaranya pakisjaya, tirtajaya jayakerta batu jaya, rengasdengklok, kutawaluya, cibuaya pedes dan kecamatan cilebar. Memiliki luas 582,21 KM2 dengan 558.925 jiwa penduduk.

Sumber artikel : https://id.wikipedia.org/wiki/Rengasdengklok,_Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *