Blog

Tips Memilih Layar Monitor Untuk CCTV Pilih HDMi /Analog?

monitor cctv

Memilih monitor untuk CCTV – Pilih HDMi Atau Analog?. Kita akan membahasnya. Kamera CCTV merupakan teknologi kamera yang ditujukan untuk mengawasi suatu wilayah atau ruangan, dengan berbagai fitur yang canggih. Kamera ini dalam proses pekerjaannya tidak dapat berdiri sendiri, melainkan memerlukan bantuan perangkat lain untuk memproses hasil rekaman menjadi digital serta dapat dilihat oleh Anda.

Sesuai dengan salah satu fungsi penggunaan CCTV untuk pengawasan, tentunya dibutuhkan media penerima untuk menampilkan hasil gambar (video) yang ditangkap oleh kamera, yaitu layar monitor. Monitor memiliki resolusi yang berbeda, tersedia monitor warna atau hitam-putih, bahkan kadang dilengkapi oleh audio juga.

Jadi untuk mendapatkan sistem keamanan kamera yang bagus, Anda tidak hanya melihat spesifikasi dari kamera keamanan, tetapi juga harus memperhatikan CCTV dari jenis kameranya.

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui tips agar hard disk CCTV tidak mudah penuh, maka kali ini kita akan membahas tips memilih layar monitor untuk CCTV yang paling sesuai. Mari simak!

Tips Memilih Monitor Untuk CCTV Yang Paling Sesuai

1. Perhatikan dulu jumlah channel CCTV yang anda gunakan

Mari kita bahas dulu tentang DVR disini Apa itu DVR ?. Perangkat DVR merupakan perangkat yang fungsinya mengolah data hasil rekaman kamera CCTV ke dalam bentuk digital sejatinya dapat digunakan sekaligus hingga 16 channel atau kamera pengawas.

Artinya, DVR dapat menampilkan hasil rekaman hingga 16 kamera sekaligus dalam satu layar monitor. Anda perlu mempertimbangkan jumlah channel atau kamera yang ingin Anda awasi, apakah akan sekaligus 16 channel atau hanya 1, 2 dan seterusnya saja.

Apabila Anda ingin mengawasi jumlah channel yang banyak, maka secara otomatis Anda memerlukan layar monitor CCTV yang besar supaya dapat menampung hasil rekaman dalam satu layar sekaligus.

Namun jika Anda hanya ingin mengawasi 1 channel saja, Anda tidak memerlukan TV yang terlalu besar, karena tampilan gambar tidak terbagi dengan channel lainnya. Anda dapat memilih monitor untuk CCTV dengan ukuran 32 inch jika Anda ingin mengawasi 16 channel sekaligus.

Sebelum lebih lanjut baca juga artikel kami lainnya tentang layanan jasa CCTV subang , Solusi perbaikan dan pemasangan kamera CCTV profesional di kota subang jawa barat

2. Pertimbangkan fitur HDMi

Dalam proses transfer dari kamera menuju DVR dihubungkan dengan kabel output yang memiliki berbagai jenis. Kabel output ini bertugas mentransfer hasil rekaman dari kamera menuju ke DVR dan tentunya memiliki jenis yang berbeda tergantung dengan fitur yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin gambar yang dihasilkan di layar monitor memiliki kualitas yang baik, serta dapat mendukung audio, maka Anda perlu memilih layar monitor untuk CCTV berjenis HDMI. Jika Anda menggunakan DVR berjenis HDMI, maka kabel output yang Anda pilih pun secara otomatis juga kabel output HDMI. Setelah itu Anda perlu memilih layar monitor yang mendukung fitur HDMI ini, dan memang kebanyakan layar di pasaran sudah mendukung fitur HDMI.

3. Pertimbangkan lokasi Penempatan layar monitor untuk CCTV anda

Pemilihan lokasi penempatan layar monitor untuk CCTV juga menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih ukuran layar monitor. Jika Anda ingin mengawasi dalam jarak dekat dengan kamera, Anda bisa memilih layar monitor berukuran kecil.

Namun jika Anda ingin mengawasi dalam jarak jauh dengan jangkauan lebih luas, Anda bisa memilih layar berukuran besar. Begitu pula mengenai faktor privasi,

Jika Anda tidak ingin banyak orang tahu mengenai layar monitor CCTV ini atau mengetahui lokasinya, Anda bisa memilih layar yang kecil karena layar kecil tidak memakan banyak tempat.

4. Pertimbangkan resolusi kamera dan DVR

Sebelum memilih layar monitor yang tepat, Anda perlu melihat lagi mengenai spesifikasi kamera dan juga DVR yang Anda miliki. Jika kebetulan resolusi dari kamera dan DVR Anda rendah, Anda tidak perlu repot memilih layar monitor untuk CCTV dengan spesifikasi tinggi, karena apabila kamera dan DVR beresolusi rendah, gambar yang dihasilkan pun sama saja.

5. Pertimbangkan besarnya konsumsi listrik

Memasang kamera CCTV dan perangkatnya berarti Anda siap untuk selalu menyalakan perangkat ini selama 24 jam non stop. Itu berarti penggunaan daya listrik juga perlu diperhatikan supaya tagihan listrik Anda tidak boros.

Anda perlu memperhatikan besarnya konsumsi listrik pada layar monitor yang ingin Anda beli. Anda bisa memilih layar monitor untuk CCTV dengan series LED karena produk ini memakan listrik paling sedikit dibandingkan jenis monitor lainnya.

Kesimpulan Tentang Tips Memilih Layar Monitor Untuk CCTV Anda

Beberapa orang menggunakan TV sebagai layar untuk merekam seluruh kejadian yang tertangkap di CCTV. Ini mungkin ide yang baik dan relatif hemat jika Anda memang tidak memerlukan gambar yang berkualitas tinggi serta Anda hanya memasang satu atau dua buah kamera seperti untuk mengawasi rumah.

Jika Anda menggunakan layar TV untuk menampilkan rekaman yang ada di CCTV, Anda tidak akan mendapatkan gambar yang beresolusi tinggi, karena layar monitor TV tidak cocok sebagai monitor bagi kamera.

Jadi untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik, Anda membutuhkan layar yang lebih baik dan memang dikhususkan untuk kamera CCTV.

Namun jika Anda membutuhkan layar untuk kamera CCTV di rumah, memakai layar TV pun juga sudah cukup. Pastikan Anda berkonsultasi dengan jasa CCTV karawang apabila anda berlokasi di karawang sebelum menentukan kamera serta monitor CCTV yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *