Blog

Tips Agar Hard disk CCTV Tidak Cepat Penuh

hard disk cctv

Tips dan panduan agar Hard disk CCTV tidak cepat penuh. Sama seperti kamera pada umumnya, kamera CCTV juga memerlukan perangkat penyimpanan eksternal untuk menyimpan hasil-hasil rekaman video yang nantinya dapat Anda lihat atau simpan lagi di kemudian hari.

Keberadaan hard disk ini sangatlah krusial, supaya hasil rekaman pada CCTV tidak hilang begitu saja. Hard disk yang biasa Anda gunakan untuk kamera maupun hard disk pada CCTV memang memiliki fungsi yang sama yaitu penyimpanan namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan.

Jadi Anda tidak bisa menggunakan hard disk biasa untuk CCTV, apalagi penggunaan hard disk ini memberikan pengaruh juga terhadap kenyamanan. Maka supaya tetap awet dan tidak cepat penuh menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Berikut tips agar hard disk CCTV tidak cepat penuh.

Sebelum melanjutkan baca juga artikel kami lainnya : Jenis DVR manfaat dan fitur apa saja yang tersedia

Kenali penyebab dan lakukan tips berikut agar hard disk CCTV tidak cepat penuh

Sebelum Anda mengetahui tips-tips merawat dan menjaga agar hard disk CCTV tidak cepat penuh, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang dapat terjadi dalam hal ini

# Setting cahaya jangan berlebihan

Kamera CCTV memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecerahan pada gambar hasil rekaman video. Ketika Anda mengatur cahaya dengan maksimal, otomatis gambar yang didapat pun akan lebih jelas dan kaya warna, sehingga ukuran videonya pun akan besar.

Hal ini dapat menyebabkan hard disk Anda cepat penuh. Sebaiknya Anda mengatur setting kecerahan kamera CCTV Anda dengan batas normal.

# Ukuran resolusi lensa

Pastinya setiap kamera CCTV memiliki resolusi yang beragam, mulai dari besar, sedang, hingga kecil. Resolusi kamera juga memberikan pengaruh terhadap kejelasan dari gambar yang akan direkam. Namun semakin besar resolusi kamera CCTV yang Anda gunakan, maka semakin besar pula hasil videonya.

Oleh karena itu, semakin besar pula penyimpanan yang Anda perlukan. Jika kebanyakan kamera CCTV Anda besar resolusinya, maka semakin besar pula hard disk yang Anda harus dibeli. Untung mengatasi masalah ini, Anda bisa mengatur resolusi lensa secara normal saja.

# Aktivitas Wilayah yang dipantau

Penyebab ini menjadi penyebab yang paling tidak disadari oleh para pengguna CCTV, karena memang CCTV itu sendiri memiliki fungsi untuk merekam aktivitas di suatu wilayah/ruangan.

Apabila Anda memasang CCTV pada ruangan/wilayah dengan aktivitas yang padat, tentu CCTV bekerja secara terus menerus untuk mengawasi dan merekam kegiatan. Hal ini tentu juga berpengaruh terhadap kapasitas penyimpanan atau hard disk.

Cara yang bisa Anda lakukan agar hardisk tidak cepat penuh adalah dengan mengatur aktivitas gerak pada kamera CCTV. Anda bisa mengatur kamera hanya untuk merekam aktivitas yang bergerak dan sering dilakukan, bukan merekam objek tidak bergerak. Hal ini dapat menghemat kapasitas dan menjaga hard disk CCTV tidak penuh.

# Jumlah kamera yang digunakan

Terkadang demi mendapatkan pengawasan yang maksimal, memasang 1 unit kamera saja dianggap tidak cukup. Anda mungkin memasang dua atau lebih pada sudut-sudut tertentu supaya mendapatkan hasil pengawasan yang maksimal.

Namun semakin banyak kamera yang digunakan, tentu akan memberikan pengaruh terhadap hard disk yang akan Anda gunakan. Sebab jika ada banyak kamera, maka Anda harus memilih hard disk dengan ukuran besar.

Tetapi apabila Anda tidak memiliki kapasitas hard disk yang cukup besar, Anda perlu menyesuaikan jumlah kamera yang akan Anda pasang pada ruangan/wilayah Anda.

# Lama waktu penyimpanan hasil rekaman

Setiap pengguna kamera tentu memiliki kepentingan tersendiri terhadap hasil rekaman mereka. Ada yang menyimpan rekaman-rekaman CCTV lama dalam jangka waktu yang cukup lama, ada juga yang tidak.

Jangka waktu penyimpanan hasil rekaman ini sangatlah mempengaruhi kapasitas hard disk Anda. Jika Anda ingin menyimpan rekaman dalam waktu yang lama, Anda perlu menyiapkan hard disk dengan kapasitas besar supaya tidak mengganggu hasil rekaman baru nantinya.

Pengaturan DVR untuk menghemat kapasitas agar hard disk CCTV tidak cepat penuh

Setelah mengetahui penyebab-penyebab dari penuhnya hard disk pada kamera CCTV, berikut ada cara supaya mengatasi hard disk CCTV tidak cepat penuh.

  • Ketika kamera CCTV sudah menyala, Anda bisa mengatur setting untuk merekam secara manual, sehingga Anda bisa mengklik tombol rekam (record) dan stop secara manual. Ini sangat bisa menghemat penyimpanan hard disk.
  • Anda bisa memilih pengaturan mode schedule, dimana kamera CCTV Anda merekam hanya pada jam-jam tertentu yang telah anda atur sebelumnya.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih pengaturan motion detection, dimana kamera CCTV hanya akan mereka aktivitas-aktivitas yang bergerak, dan jika tidak ada objek bergerak, maka kamera akan berhenti merekam.

Itu dia mode DVR pada kamera CCTV yang bisa Anda pilih saat Anda ingin mengehemat kapasitas hard disk Anda supaya tidak cepat penuh.

Namun jika memang ruangan/wilayah Anda memiliki aktivitas secara 24 jam, Anda bisa memilih mode continuos dimana kamera CCTV akan merekam secara terus menerus selama 24 jam non stop. Semua tergantung pilihan Anda.

Solusi alternatif gunakan layanan jasa CCTV atau teknisi CCTV

Memasang CCTV harus memperhatikan kapasitas penyimpanan juga, supaya nantinya ketika Anda telah memasang, Anda tidak bingung apabila hard disk Anda tiba-tiba penuh. Maka dari itu Anda perlu mencari teknisi cctv yang terpercaya untuk memberikan solusi dan pertimbangan mengenai kamera CCTV yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Gunakan layanan jasa pasang CCTV karawang apabila anda berlokasi di daerah karawang cikampek dan sekitarnya.

Atau apabila anda berlokasi di daerah purwakarta, anda dapat terhubung dengan layanan perbaikan dan jasa pasang CCTV purwakarta.

Nah namun jika anda berlokasi di wilayah subang, anda dapat berkomunikasi dan berkonsultasi melalui layanan jasa CCTV subang jawa barat.

Itulah tips agar hard disk cctv tidak cepat penuh. Nantikan artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *